Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Pada Masyarakat Desa Watu-Watu, Kec. Lantari Jaya, Kab. Bombana)

Authors

  • Musdalifa Universitas Sembilanbelas November
  • La Ode Turi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Bustang Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Keywords:

Corporate Social Responsibility (CSR), Reputasi Perusahaan, Watu-Watu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corpotate social responsibility (CSR) terhadap reputasi Perusahaan. Jenis penelitian korelasional kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi merupakan Masyarakat yang merasakan langsung dampak program CSR Perusahaan yang sekaligus tempat berdirinya salah satu pabrik gula terbesar yang ada di Bombana yaitu Masyarakat desa Watu-Watu, Kec. Lantari Jaya, Kab. Bombana yang berjumlah 1.176 jiwa. Teknik sampling dengan Purposive Sampling, maka di dapatkan sampel dari keseluruhan populasi adalah 45 responden. Pengumpulan data secara observasi, Kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data dengan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji kolerasi (Uji T), dan Uji koefisien determinasi (adjust R2), uji statistik menngunakan SPSS 25. Hasil dari dari riset mengindikasikan jika temuan dari pengujian hipotesis yaitu CSR berdampak secara positif serta signifikan terhadap Reputasi Perusahaan dan nilai koefisien determinasi (R Squard) menunjukan bahwa persentase CSR dan nilai Perusahaan mempunyai pengaruh positif terhadap nilai perusahaan sebesar 78,2% kemudian sebesar 21,8% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci—Corporate Social Responsibility (CSR), Reputasi Perusahaan, Watu-Watu

References

M. Riadi, “Reputasi Perusahaan (Pengertian, Aspek, dan Indikator),” Diakses pada, vol. 27, no. 3, p. 2023, 2022.

Y. S. Kani Putri, “Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Kinerja Perusahaan Dan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Perusahaan Di Indeks Sri-Kehati Tahun 2017-2021).” Akuntansi, 2023.

R. E. Freeman, Strategic management: A stakeholder approach. Cambridge university press, 2010.

Z. R. Zalni, “Pengaruh Reputasi, Electronic Word of Mouth dan Web Quality terhadap Kepercayaan Pelanggan Shopee di kota Padang.” Universitas Negeri Padang, 2019.

I. Fatmawati and N. Fauzan, “Building customer trust through corporate social responsibility: The Effects of corporate reputation and word of mouth,” J. Asian Financ. Econ. Bus., vol. 8, no. 3, pp. 793–805, 2021.

S. Pizzi, S. Principale, and E. de Nuccio, “Material sustainability information and reporting standards. Exploring the differences between GRI and SASB,” Meditari Account. Res., vol. 31, no. 6, pp. 1654–1674, Jan. 2023, doi: 10.1108/Medar-11-2021-1486.

N. Afifah, S. W. W. Astuti, and D. Irawan, “Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan,” Ekuitas (Jurnal Ekon. Dan Keuangan), vol. 5, no. 3, pp. 346–364, 2021.

R. Jao, P. Tangke, A. Holly, and B. K. Loandy, “Peran mekanisme good corporate governance dalam meningkatkan reputasi perusahaan serta dampaknya terhadap kinerja keuangan,” Assets J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 12, no. 1, pp. 138–158, 2022.

Published

2024-10-15