FAKTOR DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA FRESH GRADUATE DI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • marzuki juki universitas sembilanbelas november kolaka
  • Fitri Kumalasari Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh self-efficacy terhadap minat berwirausaha, 2) pengaruh human agency terhadap minat berwirausaha, dan 3) pengaruh self-regulation terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, yang mengumpulkan data melalui studi pustaka dan penyebaran kuesioner.Populasi penelitian terdiri dari fresh graduate di Sulawesi Tenggara, khususnya di USN Kolaka dan UHO, dengan sampel sebanyak 368 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pengujian instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 25.0. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) melalui Smart PLS 4.0, yang mencakup pengujian measurement model dan structural model.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari self-efficacy dan human agency terhadap minat berwirausaha, sementara self-regulation menunjukkan pengaruh negatif terhadap minat berwirausaha.

References

Abdullah, D., & Septiany, F. R. (n.d.). Pengaruh motivasi dan pengetahuan kewirausahaan. 316–331.

Adawiyah, N. N., & Gunadarma, U. (2022). Determinan minat wirausaha pada mahasiswa. Ekonomi dan Bisnis, 5, 157–164. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i1.490

Alfaiz, A., & Adison, J. (2020). Memahami perilaku kemandirian belajar siswa melalui perspektif Human Agency: Sintesis perspektif Human Agency. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 135. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.6761

Amin, N. F., & Makassar, A. (2023). Proses kreatif untuk mengungkapkan suatu gejala. Jurnal Penelitian, 14(1), 15–31.

Ade, D. (2005). Research Output Metode Penelitian Manajemen. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Darmawan, I. (2021). Menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa melalui pendidikan kewirausahaan berbasis caring economics. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(1), 9–16. https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.40035

Fatkhuraman, H. (2023). Dampak kemampuan melihat peluang usaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa: Peran literasi media sosial. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(3).

Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2021). Dampak kepercayaan diri mahasiswa berwirausaha melalui lingkungan keluarga dan kemandirian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77–84. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.213

Ilman, K., & Firdaus, F. S. (2023). Pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa manajemen angkatan 2017-2019 FEB Universitas Islam Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(1), 476–481. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i1.7144

Juhariyah, S., & Wahyuni, D. U. (2018). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan sikap mandiri terhadap minat berwirausaha. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(4), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1887

Kurnia, D., & Furqon, C. (2018). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat wirausaha. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 6(2), 48–56. https://doi.org/10.24127/pro.v6i2.1690

Menggabungkannya, P. D. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta.

Published

2024-10-15