Transformasi Digital dalam Kewirausahaan: Analisis Faktor Penghambat dan Pendorong Perkembangan Ekonomi Digital

Authors

  • Fransiska Fitrya Maimuna Universitas Megarezky
  • Nur Alda Fanny Roroa Universitas Megarezky
  • Misrah Misrah Universitas Megarezky
  • Oktavianty Oktavianty Universitas Megarezky
  • Alamsyah Agit Universitas Hasanuddin

Keywords:

Bisnis, Digital, Kewirausahaan, Teknologi, Transformasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat dan mendorong transformasi digital dalam kewirausahaan, khususnya pada sektor UMKM di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, menganalisis 43 paper yang relevan dari total 5.994 penelitian yang ditemukan melalui Google Scholar dan Semantic Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat utama dalam transformasi digital UMKM mencakup rendahnya literasi digital, infrastruktur digital yang belum merata, serta regulasi yang kompleks. Selain itu, keterbatasan modal dan persepsi risiko terhadap teknologi digital juga menjadi kendala signifikan, terutama bagi UMKM yang berada di daerah pedesaan. Di sisi lain, faktor pendorong yang diidentifikasi meliputi berkembangnya platform e-commerce, media sosial, dan fintech, yang membuka peluang besar bagi UMKM untuk mengakses pasar yang lebih luas dan meningkatkan efisiensi operasional. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya literasi digital dalam keberhasilan transformasi digital. UMKM yang memiliki keterampilan digital lebih siap untuk mengadopsi teknologi baru dan memanfaatkan peluang yang ada di pasar digital. Namun, penelitian juga menemukan adanya kesenjangan digital yang signifikan antara UMKM di wilayah perkotaan dan pedesaan, yang disebabkan oleh perbedaan akses terhadap infrastruktur dan pendidikan digital. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan akses pelatihan digital, dukungan finansial, reformasi kebijakan, serta pendampingan berkelanjutan untuk mempercepat transformasi digital di sektor UMKM.

References

R. M. Zukhra et al., “Pemberdayaan Masyarakat melalui Literasi Digital Kreatif, Pendidikan Berkarakter, dan Pemberdayaan Komunitas,” Nanggroe?: Jurnal Pengabdian Cendikia, vol. 3, no. 6, pp. 65–71, 2024, doi: 10.5281/zenodo.13729255.

R. Rozikin and M. J. Tasrif, “Potensi Ekonomi Kreatif Tahun 2024 Negara Indonesia,” Jurnal Manajemen FE-UB, vol. 11, no. 2, pp. 1–8, 2023.

A. N. Maulana, A. Ardiyansyah, and N. Zam, “Eksplorasi Pemasaran Digital melalui Facebook oleh UMKM Perdesaan,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 3, pp. 16440–16450, 2024.

A. Asnawi, S. Pramono, F. Augustinah, S. Roekminiati, and S. Kamariyah, “Model Peningkatan Daya Saing Digital Ditinjau Dari Sudut Pandang Collaborative Governance Bagi UMKM Kuliner Di Surabaya,” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 9, no. 1, pp. 699–718, 2024, doi: 10.36418/syntax-literate.v9i1.

I. D. Enggarratri, “Gender Relations, Globalization And Gender Empowerment: The Implementation Of Indonesia Digital Energy Of Asia,” Kafa’ah: Journal of Gender Studies, vol. 11, no. 1, pp. 1–14, 2021, [Online]. Available: http://kafaah.org/index.php/kafaah/index

A. Agit, S. Muharram, and O. Oktavianty, “Dampak Internet Terhadap Akses Informasi Bisnis Dan Kontribusinya Terhadap Kinerja Bisnis,” in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS) , 2023, pp. 222–231.

R. Riswandi and I. Permadi, “Business Sustainability Through Technology Adoption: Readiness and Acceptance of E-commerce Technology in MSMEs,” in 4th International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE), Knowledge E DMCC, Sep. 2022, pp. 243–256. doi: 10.18502/kss.v7i14.11973.

G. Evangeulista, A. Agustin, G. P. E. Putra, D. T. Pramesti, and H. Madiistriyatno, “Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi,” Oikos-Nomos?: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, vol. 16, no. 1, pp. 33–42, 2023.

E. Sudirman, “Strategi Usaha Kecil Menengah Menghadapi Digitalisasi Pemasaran,” Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 9, no. 2, pp. 142–151, 2020, doi: 10.32502/jimn.v9i2.2.

R. Komalasari, B. Harto, and R. Setiawan, “UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19,” IKRAITH-ABDIMAS, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2021.

A. Justitia, I. Werdiningsih, F. Effendy, and T. Taufik, “Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital,” Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 60–72, Oct. 2021, doi: 10.47747/jnpm.v2i2.388.

A. Agit, S. Aisyah Julyana, and B. Ma’ruf, “Tinjauan Literatur pada Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perkembangan Bisnis Online di Era Digital,” in Seminar Nasional Amikom Surakarta (SEMNASA) 2023, 2023, pp. 624–634.

P. Trulline, “Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce,” Jurnal Manajemen Komunikasi, vol. 5, no. 2, pp. 259–279, 2021.

D. R. Ningsih, “Peran Financial Technology (Fintech) Dalam Membantu Perkembangan Wirausaha UMKM,” in Seminar Nasional PPs Universitas PGRI Palembang 2020, 2020, pp. 270–277.

F. Romadhon and A. Fitri, “Analisis Peluang dan Tantangan Penggunaan Financial Technology Sebagai Upaya optimalisasi Potensi UMKM (Studi Kasus UMKM di Gresik),” Jurnal TECHNOBIZ, vol. 3, no. 1, pp. 30–44, 2020.

A. Agit, H. Hasmawati, S. Sahurri, S. Yunus, and F. Syukri, “Peran Dan Kontribusi Teknologi Dalam Menunjang Potensi Ekonomi Masyarakat Di Wilayah Pedesaan,” in Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2023, pp. 263–272.

T. Endrawati, M. S. Safarudin, C. Windreis, M. AR, A. Zahruddin, and T. Yusnanto, “Pelatihan Manajemen Bisnis Dan Pemasaran Online Bagi UMKM Di Berbagai Provinsi,” Communnity Development Journal, vol. 4, no. 2, pp. 4501–4512, 2023.

Sigar. P. Berutu, F. Laia, R. K. A. Gultom, and A. Alendra, “Analisis Pengaruh Kebijakan Regulasi Terhadap Praktik Bisnis Dan Tindak Pidana Korporasi,” Jurnal Plaza Hukum Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 1–17, 2024.

T. Dube, R. Van Eck, and T. Zuva, “Review of Technology Adoption Models and Theories to Measure Readiness and Acceptable Use of Technology in a Business Organization,” Journal of Information Technology and Digital World, vol. 2, no. 4, pp. 207–212, Dec. 2020, doi: 10.36548/jitdw.2020.4.003.

M. M. Ikhsani and S. E. B. Santoso, “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Banyumas,” in Seminar Nasional Hasil Penenlitian dan Pengabdian pada Masyarakat V Tahun 2020, 2020, pp. 452–457.

I. R. Aysa, “Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia,” Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, vol. 3, no. 2, pp. 140–153, Sep. 2021, doi: 10.33367/at.v2i3.1458.

A. N. Syifa, E. S. I. Wibowo, M. R. Yossi, R. S. Indrawati, and A. M. Roza, “Kesenjangan Digital Dan Akses Internet Di Kabupaten Katingan: Studi Kasus Pada Masyarakat Pedesaan,” Jurnal KAGANGA, vol. 8, no. 1, pp. 65–72, 2024.

M. Z. Asikin and M. O. Fadilah, “Masa Depan Kewirausahaan Dan Inovasi: Tantangan Dan Dinamika Dalam Era Digital,” Jurnal Syntax Admiration, vol. 5, no. 1, pp. 303–310, 2024.

M. I. Rezky, “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia Berbasis Financial Technology,” Journal of Principles Management and Bussines, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2023, [Online]. Available: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

L. H. Siregar, T. Fahmi, I. R. Nasution, F. Rozi, M. T. Harahap, and T. D. Putra, “Strategi Aman Bertransaksi Digital: Mengedukasi Generasi Milenial Di Era Digital (PKM Desa Medan Krio Kabupaten Deli Serang),” Journal of Human And Education, vol. 4, no. 3, pp. 690–695, 2024.

E. S. Talahi and M. Ie, “Dukungan Pemerintah Sebagai Moderasi Pengaruh Transformasi Bisnis Digital Dan Karakter Kewirausahaan Terhadap Resiliensi UMKM,” Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 3, pp. 770–780, 2024.

L. Abubakar and T. Handayani, “Penguatan Regulasi: Upaya Percepatan Transformasi Digital Perbankan Di Era Ekonomi Digital,” Jurnal Masalah-Masalah Hukum, vol. 51, no. 3, pp. 259–270, 2022.

A. Al Aidhi, M. A. K. Harahap, A. Y. Rukmana, S. P. Palembang, and A. A. Bakri, “Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi,” Jurnal Multidisiplin West Science, vol. 2, no. 2, pp. 118–134, 2023.

J. Mannayong, Muh. S. Rizal, H. Herling, and M. Faisal, “Transformasi Digital Dan Partisipasi Masyarakat: Mewujudkan Keterlibatan Publik Yang Lebih Aktif,” Jurnal Administrasi Publik, vol. 20, no. 1, pp. 51–72, Jun. 2024, doi: 10.52316/jap.v20i1.260.

B. Rifai and E. Mychelisda, “Model Percepatan Adopsi Teknologi Digital Industri Makanan Minuman Berbasis Potensi Lokal Menuju Industri 4.0 Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional Bahtiar Rifai, Erla Mychelisda,” TheJournalish: Social and Government, vol. 4, no. 5, pp. 211–231, 2023, doi: 10.55314/tsg.v4i5.612.

L. P. Estiarto, R. Suraji, I. Istianingsih, and H. Hapzi, “Peningkatan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Hjo Chi Minh, Vietnam Melalui Transformasi Digital dan Pelatihan Kewirausahaan,” Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (JPMPT), vol. 2, no. 1, p. 35, 2024, doi: 10.38035/jpmpt.v2i1.

N. Asni Aulia, M. Hasan, M. Dinar, M. I. S. Ahmad, and T. Supatminingsih, “Bagaimana Literasi Kewirausahaan dan Literasi Digital Berpengaruh terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Pakaian?,” Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, vol. 2, no. 1, pp. 110–126, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/JE3S

F. Gunawan and T. Dyatmika, “Peningkatan Pemahaman Literasi Digital Pada Remaja Milenial Di Desa Tirto,” Jurnal Abdimas BSI - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 187–194, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

M. Muhibbusaabry et al., “Copyright: Melek Digital: Membuka Peluang Baru Bagi Umkm Desa Sei Balai Melalui Seminar Pelatihan Bisnis Digital (E-Commerce),” Journal of Human And Education, vol. 4, no. 5, pp. 540–546, 2024.

A. K. Wardhani and A. N. Romas, “Analisis Strategi Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19,” EXERO?: Journal of Research in Business and Economics, vol. 4, no. 1, pp. 29–54, Aug. 2022, doi: 10.24071/exero.v4i1.5025.

S. N. Amalia, I. Ghoniyah, R. N. Widiyanti, D. M. Putri, R. Hidayat, and M. Ikaningtyas, “Menyusun Strategi Bisnis Berbasis Teknologi: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era Digital,” Economics And Business Management Journal (EBMJ), vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2024.

T. Supriatna, D. Juhandi, and R. Rasipan, “Promosi Media Sosial dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran yang di Moderasi Akses Fasilitas Digital,” MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, vol. 2, no. 2, pp. 167–178, Jul. 2022, doi: 10.37366/master.v2i2.481.

A. B. Ndraha, D. Zebua, A. Zega, and M. K. Zebua, “Dampak Ekonomi Digital Terhadap Pertumbuhan UMKM Di Era Industri 4.0,” JUKONI: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 27–32, 2024.

F. Sudirjo, A. Y. Rukmana, H. Wandan, and M. L. Lukman, “Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat,” Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, vol. 5, no. 1, pp. 55–69, 2023, [Online]. Available: http://bisnisman.nusaputra.ac.id

R. Rachman, D. Widiarti, N. Faiza, N. Retnowati, M. R, and L. Purwanti, “Membangun Mindset Pelaku UMKM Terhadap Digital Marketing,” in Seminar Nasional Universitas Abdurachman Saleh Situbondo (SINARS 2024), 2024, pp. 210–218.

Y. A. Clinton and A. E. Vanomy, “Pengembangan UMKM Kuliner Di Kota Batam Melalui Transformasi Ke Platform Digital Di Era Revolusi Industri 4.0,” Fortunate Business Review, vol. 3, no. 1, pp. 25–55, 2023.

A. Basry and E. M. Sari, “Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM),” IKRA-ITH Informatika, vol. 2, no. 3, pp. 53–60, 2018.

A. W. Aji and S. P. Listyaningrum, “Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Dan Teknologi Informasi Terhadap Pendapatan UMKM Di Kabupaten Bantul,” JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), vol. 6, no. 1, pp. 87–102, 2021.

R. F. Hudiyono and D. Safitri, “Analisis Program Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Danmenengah (UMKM) Oleh PT Lima Pondasi Bersama,” Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, vol. 4, no. 2, pp. 83–91, Jun. 2022, doi: 10.7454/jabt.v4i2.1026.

S. Suyadi, S. Syahdanur, and S. Suryani, “Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” Jurnal Ekonomi KIAT, vol. 29, no. 1, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat

R. Annisa, R. Sabaruddin, P. A. Rahayuningsih, and M. N. Winnarto, “Pemanfaatan Transformasi Digital Mindset dalam Kewirausahaan UMKM untuk Pengembangan Ekonomi Lokal,” SOROT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) , vol. 2, no. 2, pp. 78–81, 2023, doi: 10.32699.

Ustadus Sholihin, “Meningkatkan Daya Saing Pasar UMKM Melalui Transformasi Digital,” Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, vol. 3, no. 2, pp. 100–114, May 2024, doi: 10.30640/digital.v3i2.2512.

Published

2024-10-15