Pengaruh Social commerce construct dan Trust terhadap Buying Intention (pada pengguna facebook di Kabupaten Kolaka)
Keywords:
Buying Intention, Social commerce construct, TrustAbstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh social commerce construct terhadap buying intention pada pengguna facebook di kabupaten kolaka. (2) Pengaruh Trust terhadap Buying Intention pada pengguna facebook di kabupaten kolaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode Kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna facebook yang berdomisili di Kabupaten Kolaka dan memiliki niat berbelanja di facebook. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dengan penentuan sampel menggunkan teknik Accidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasih Smart-PLS 3.0 . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel Social Commerce Construct berpengaruh positif dan signifikan terhadap Buying Intention begitu pula dengan variabel Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Buying Intention.
References
Chairunnisa, S., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah …, 5(2), 825–833. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/16578%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/download/16578/5239
Dewi., & Sudaryanto. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku. SEMNASKEP, 73–79.
Rahmawati1, D. F., Huaida, A., Octaviani, A., & Maspupa, U. S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Hasil Urban Farming. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 3(1), 36–43.
Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 169–184.
Wonua, A. R., Astaginy, N., & Ismanto. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Literacy institute.