Pengaruh Gamifikasi Terhadap Keterlibatan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Sarhan Sarhan Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Keywords:

Gamifikasi, Keterlibatan Pelanggan , Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh gamifikasi terhadapKeterlibatan  Pelanggan (studi pada pengguna e-commerce shopee kalangan generasi z di kabupaten kolaka). (2) Pengaruh Gamifikasi terhadap LoyalitasPelanggan (studi pada pengguna e-commerce shopee kalangan generasi z dikabupaten kolaka). Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metodeKuantitatif. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dankuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna Shopee yangberdomisili di Kabupaten Kolaka dan pernah menggunakan aplikasi Shopee. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 150 responden dengan penentuansampel menggunakan teknik non probability sampling. Teknik analisi data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM)berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi Smart- PLS3.0. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa variabel Gamifikasiberpengaruh positif dan signifikan terhadap Keterlibatan Pelanggan dan begitupula juga dengan hipotesis kedua yaitu variabel Gamifikasi berpengaruh positifdan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.

References

A. H. Nasrullah, F. Adiba, T. Anastasia, S. A. Farghina, and M. Akbar, “Enhanced Laptop Recommendation System Using Tsukamoto Fuzzy Logic,” Media Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 67–76, 2024.

A. M. N. Hidayat and M. Na’im Al Jum’ah, “BIMTEK FTI: Digital Village Governance,” MEKONGGA J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 15–20, 2024.

Y. L. R. Rehatalanit, “Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis,” J. Teknol. Ind., vol. 5, 2021.

Y. Kristyowati, “Generasi ‘Z’ dan strategi melayaninya,” Ambassad. J. Theol. Christ. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 23–34, 2021.

F. Adetya, “The ABC Laundry Service Information System Based on Web using SDLC Method,” J. Media Inf. Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 53–62, 2024.

A. P. Septiani, W. Junardi, A. Amaliah, A. Bachtiar, J. M. I. Mahendra, and M. I. Muttaqin, “Sistem Informasi Desa Siaga Pangan Menghadapi Covid19 berbasis Web Service,” J. Sist. Cerdas, vol. 3, no. 3, pp. 231–240, 2020.

D. Setiawan, N. Rafianto, T. D. S, I. B. K, and A. Setianto, “Implemtasi Scrum & Agile Pada Pengerjaan Sistem Informasi Lentera,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 61–75, 2021.

F. S. Ade, R. Okfrima, and K. Nastasia, “Overview Of Customer Engagement In The Community Of Padang City During The Covid-19 Pandemic,” Jesya (Jurnal Ekon. dan Ekon. Syariah), vol. 5, no. 2, pp. 2688–2699, 2022.

A. E. Taruli, A. Chan, and P. W. Tresna, “Pengaruh gamification versi ‘Shopee tanam’ TERHADAP customer engagement Aplikasi Mobile shopee Indonesia (Survei Pada Pengguna fitur shopee in App Games di kota bandung),” AdBispreneur J. Pemikir. Dan Penelit. Adm. Bisnis Dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 3, pp. 283–295, 2021.

A. R. N. Asy’ari and I. M. Sukresna, “PENGARUH PRINSIP GAMIFICATION TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KETERLIBATAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Lazada di Kota Semarang),” Diponegoro J. Manag., vol. 12, no. 2, 2023.

R. W. P. K. Aprilia and S. Purwanto, “Pengaruh E-Servicescape dan Gamifikasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Tokopedia (Studi Pada Pelanggan Tokopedia di Kota Surabaya),” J. Econ. Bussines Account., vol. 7, no. 1, pp. 1632–1640, 2023.

I. Sofiati, N. Qomariah, and H. Hermawan, “Dampak kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen,” J. Sains Manaj. Dan Bisnis Indones., vol. 8, no. 2, 2018.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019.

N. Aulya, R. Adawiyah, Y. P. Pasrun, and N. Nirsal, “Decision Support System for Giving Kredit Usaha Rakyat Using the Moora Method,” Media Inf. Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 43–52, 2024.

R. Mitasari and E. Kusumawidjaya, “Pengaruh Gamifikasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Jaringan Hotel Internasional di Surabaya,” Fokus Bisnis Media Pengkaj. Manaj. dan Akunt., vol. 19, no. 2, pp. 144–153, 2020.

M. Putri and R. U. Nugrahani, “Pengaruh Penggunaan Shopee Dan Penerapan Gamifikasi „Goyang Shopee? Terhadap Tingkat Keterlibatan Pengguna Shopee,” E-Proceeding Manag., vol. 7, no. 2, pp. 4737–4744, 2020.

A. Arianto, F. D. Hudaibah, N. Nurhalifah, M. Qippiah, and S. Bantun, “Learning Innovations in Coastal Areas Through Augmented Reality and Gamification,” J. Media Inf. Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 95–102, 2024.

S. Wonua, Astaginy, “Pengaruh Labelisasi Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ms Glow Di Kabupaten Kolaka iklan . Rangkaian promosi Ms glow dibuat secara minimalis serta melihat loyalitas dari calon,” vol. 1, 2023.

R. Kurniawan, J. N. Rifa’i, and M. A. Muslim, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penerbitan Surat di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Cabang Timur,” Techno.Com, vol. 17, no. 2, pp. 145–157, 2018, doi: 10.33633/tc.v17i2.1646.

M. Waruwu, “Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method),” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2896–2910, 2023.

M. Y. Balaka, “Metodologi penelitian kuantitatif,” 2022.

H. Sundaro, “Positivisme Dan Post Positivisme: Refleksi Atas Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Perencanaan Kota Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian,” Modul, vol. 22, no. 1, pp. 21–30, 2022.

N. Darna and E. Herlina, “Memilih metode penelitian yang tepat: bagi penelitian bidang ilmu manajemen,” J. Ekonologi Ilmu Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 287–292, 2018.

S. V Wiratna, “Metodologi Penelitian Bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif,” PUSTAKABARUPRESS, Yogyakarta, 2018.

J. F. Hair Jr, M. Sarstedt, L. Hopkins, and V. G. Kuppelwieser, “Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research,” Eur. Bus. Rev., vol. 26, no. 2, pp. 106–121, 2014.

A. Pradipta, M. N. Sutoyo, and A. Paliling, “Public Education to Maintain the Quality of Population Data,” MEKONGGA J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2024.

M. Situmorang and R. Hasibuan, “Pengaruh Return on Equity, Earning per Share dan Net profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub-Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021,” J. Teknol. Kesehat. Dan Ilmu Sos., vol. 4, no. 2, pp. 454–465, 2022.

A. G. Prawiyogi, T. L. Sadiah, A. Purwanugraha, and P. N. Elisa, “Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 446–452, 2021.

W. T. Fendya and S. C. Wibawa, “Pengembangan sistem kuesioner daring dengan metode weight product untuk mengetahui kepuasan pendidikan komputer pada lpk cyber computer,” IT-Edu J. Inf. Technol. Educ., vol. 3, no. 01, 2018.

S. Siregar, “Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS, Edisi 1,” Jakarta. Indones. Kencana Prenadamedia Gr., 2013.

M. M. Sanaky, “Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah,” J. Simetrik, vol. 11, no. 1, pp. 432–439, 2021.

P. Sunarsi., Metode Penelitian Kuantitatif. 2021.

M. Robi, D. Kusnandar, and E. Sulistianingsih, “Penerapan Structural Equation Modeling (SEM) untuk analisis kompetensi alumni,” Bimaster Bul. Ilm. Mat. Stat. Dan Ter., vol. 6, no. 02, 2017.

J. K. Wibisono, “Opinion Mining pada Twitter untuk Bahasa Indonesia dengan Metode Support Vector Machine dan Metode Berbasis Lexicon.” Universitas Gadjah Mada, 2013.

Published

2024-10-15