Pengaruh Brand Personality dan Brand Experience Terhadap Loyalitas Konsumen

Authors

  • Fitriani Fitri Universitas sembilanbelas November kolaka
  • Fitri Kumalasari Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Andry Stephanie Titing Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Keywords:

Brand Personality, Brand Exprience, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Personality dan Brand Experience terhadap Loyalitas Konsumen di Kabupaten Kolaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dan penyebaran kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna iPhone di Kabupaten Kolaka, dan ukuran sampel ditentukan dengan rumus Hair (2014), yaitu sebanyak 104 responden, diperoleh dengan mengalikan jumlah indikator dengan nilai minimum 5-10.Uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan Excel untuk memastikan instrumen penelitian layak digunakan. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS), dengan bantuan aplikasi Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Personality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, dengan P-Value sebesar 0,000. Selain itu, Brand Experience juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, dengan P-Value sebesar 0,003. Temuan ini mengonfirmasi bahwa kedua variabel tersebut secara signifikan memengaruhi Loyalitas Konsumen pengguna iPhone di Kabupaten Kolaka.

References

Abdullah, Karimuddin et al. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ekonomi Bisnis

Dewi, Shinta Kurnia, and Agus Sudaryanto. 2020. “Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah.” Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020: 73–79

Hutomo, Galih ADHA. 2018. “Pengaruh Nilai Simbolis, Nilai Fungsional, Dan Nilai Hedonis Yang Dipersepsikan Pada Sikap Dan Niat Beli Ulang Tas Tangan Premium.”.

Bagaskara, B. P., & Kana, A. A. (2021). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen iphone pada mahasiswa ykpn yogyakarta. Cakrawangsa bisnis: jurnal ilmiah mahasiswa, 2(1).

Dinata,V., Fung, T. S., & Sutisna, N. (2019). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air mineral le-minerale pada toko retail kota tangerang (studi kasus di pt. Laris food indonesia). Primanomics: jurnal ekonomi & bisnis, 17(3), 55-63.

Gunawan, D. C. (2021). Pengaruh brand image dan Brand Experience terhadap customer satisfaction dan customer loyalty pada game e-sports mobile legends bang bang di surabaya. Jurnal ilmiah mahasiswa manajemen, 10(2), 69-82.

Hasnani, S., Titing, A. S., & Hendrik. (2023). Pengaruh Brand Experience Dan Brand Trust Terhadap LoyalitasKonsumen Pada Penggunaan Produk Scarlett Whitening Di KabupatenKolaka. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(2), 59–64.

Hutomo, Galih ADHA. 2018. “Pengaruh Nilai Simbolis, Nilai Fungsional, Dan Nilai Hedonis Yang Dipersepsikan Pada Sikap Dan Niat Beli Ulang Tas Tangan Premium.”

Krisna, R., & Mulyani, H. T. S. (2020). Pengaruh merk, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian getas 3 merpati. Jurnal progresif manajemen bisnis, 7(2), 60-67.

Kusuma, M. H. (2021). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen (studi pada pelanggan kfc cabang baturaja). Jurnal manajemen bisnis unbara, 2(2), 128-147.

Limanjaya, V. H. (2015). Pengaruh brand personality teh javana terhadap purchase intention melalui pendekatan self-image congruence. Jurnal strategi pemasaran, 3(1), 1-15.

Mardhiyah, k. A., & Astuti, S. R. T. (2021). Pengaruh Brand Experience dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan: peran kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Diponegoro journal of management, 10(4).

Miranda, R. S. (2018). Pemanfaatan smartphone dalam meningkatkan kinerja jurnalis kampus (studi pada unit kegiatan pers mahasiswa sumberpost) (doctoral dissertation, universitas islam negeri ar-raniry).

Muslimah, I., manggabarani, A. S., & Argo, J. G. (2021). Analisis kualitas layanan, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen online shop nwe label. Konferensi riset nasional ekonomi manajemen dan akuntansi, 2(1), 822-838.

Published

2024-10-15