Pengaruh Shift Work Dan Organizational Support Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Ceria Jasa Tambang Pratama (CJTP) Kecamatan Wolo

Authors

  • Muh. Adam Mualif Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Keywords:

Shift Work, Organizational Support, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Shift Work Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Tambang Pada PT. CJT Kecamatan Wolo. (2) Pengaruh Organizational Support Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Tambang Pada PT. CJTP Kecamatan Wolo. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode Kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Kuisioner dan Dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. CJT. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 92 orang. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan SPSS 25.0. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji measurement model (outer model) dan pengujian model struktural (inner model) dengan Smart PLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Shift Work berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Kerja yang ditunjukkan nilai t-statistic sebesar 4,390 dengan P-Value sebesar 0,000. Sedangkan Variabel Organizational Support berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuuasan Kerja yang ditunjukkan nilai t-statistic sebesar 2,606 dengan P-Value sebesar 0,009.

References

J. D. N. Manik, “Pengelolaan Pertambangan Yang Berdampak Lingkungan Di Indonesia,” Promine, vol. 1, no. 1, 2013.

R. Sarianti, Y. Fitria, and E. V. Nazara, “Identifikasi pengaruh perceived organizational support terhadap kepuasan kerja dengan work engagement sebagai variabel pemediasi,” J. Kaji. Manaj. Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 24–32, 2018.

O. Onsardi and M. Finthariasari, “Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi Meningkatkan Kinerja Karyawan),” 2022.

K. Sari, N. Ningsi, N. Zainuddin, and A. M. Sajiah, “Evaluation of Information Security at Benyamin Guluh Kolaka Hospital using the KAMI 4.2 Index with ISO 27001: 2013,” Media Inf. Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 23–30, 2024.

Y. Wiliandari, “Kepuasan kerja karyawan,” Society, vol. 6, no. 2, pp. 81–95, 2015.

J. C. M. Santosa, A. Mayangsari, F. R. Putri, and E. Ernawati, “PREPTO (PROSES REKRUTMEN PENURUN TURNOVER): USAHA PREVENTIF UNTUK MENGURANGI TURNOVER SUKARELA,” J. Serina Sos. Hum., vol. 1, no. 1, pp. 342–357, 2023.

P. Dodia and N. Parashar, “Shift-work job stress, psychological distress, and job satisfaction among employees,” 2020.

F. F. Farlianto, “Pengaruh Kepuasan Gaji, Shift Kerja Malam Dan Kepuasan Kerja Terhadap Intensi Keluar Karyawan (Studi Pada Call Center PT Vads Indonesia Kantor Cabang YOGYAKARTA),” J. Ilmu Manaj., vol. 11, no. 2, pp. 47–66, 2014.

A. Neksen, M. Wadud, and S. Handayani, “Pengaruh Beban Kerja dan Jam Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Grup Global Sumatera,” J. Nas. Manaj. Pemasar. SDM, vol. 2, no. 2, pp. 105–112, 2021.

M. Busro, Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Prenada Media, 2018.

L. OMIDI, S. ZARE, R. M. RAD, M. MESHKANI, and S. KALANTARY, “Effects of shift work on health and satisfaction of workers in the mining industry,” Int. J. Occup. Hyg., vol. 9, no. 1, pp. 21–25, 2017.

D. S. Simanjuntak, K. M. N. Nadapdap, and W. Winarto, “Pengaruh Persepsi Penilaian Prestasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan,” J. Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 6–13, 2017.

E. Sonalitha, B. Nurdewanto, A. Zubair, S. R. Asriningtias, K. Yudhistiro, and I. Mujahidin, “Blackbox testing model boundary value of mapping taxonomy applications and data analysis of art and artworks,” in 2020 3rd International Seminar on Research of Information Technology and Intelligent Systems (ISRITI), IEEE, 2020, pp. 7–11.

P. Paillé, L. Bourdeau, and I. Galois, “Support, trust, satisfaction, intent to leave and citizenship at organizational level: A social exchange approach,” Int. J. Organ. Anal., vol. 18, no. 1, pp. 41–58, 2010.

K. Kara and P. Yücekaya, “THE MEDIATING ROLE OF JOB SATISFACTION BETWEEN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT: A RESEARCH IN LOGISTICS INDUSTRY,” Focus Res. Contemp. Econ., vol. 2, no. 1, 2021.

R. G. Putra, M. V. Bastari, and E. W. Kartika, “Pengaruh perceived organizational support terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediator di Restoran X Surabaya,” J. Hosp. dan Manaj. Jasa, vol. 3, no. 1, pp. 191–202, 2015.

L. Rhoades and R. Eisenberger, “Perceived organizational support: a review of the literature.,” J. Appl. Psychol., vol. 87, no. 4, p. 698, 2002.

S. Sanita, A. Kusniawati, and M. N. Lestari, “Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis),” Bus. Manag. Entrep. J., vol. 1, no. 3, pp. 169–184, 2019.

L. Novira and S. Martono, “Pengaruh persepsi dukungan organisasi pada perilaku kewargaan organsasional dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening,” Manag. Anal. J., vol. 4, no. 3, 2015.

D. T. Ambarsari, “Pengaruh Reward Ekstrinsik, Perceived Organizational Support Dan Quality of Work Life Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi,” J. Manajemen, STIE Putra Bangsa Kebumen, vol. 3, no. 2014, pp. 1–9, 2017.

E. Mujiasih, “Hubungan antara persepsi dukungan organisasi (perceived organizational support) dengan keterikatan karyawan (employee engagement),” J. Psikol. undip, vol. 14, no. 1, pp. 40–51, 2015.

M. Waruwu, “Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method),” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2896–2910, 2023.

A. N. R. Anwar and I. I. Sujai, “Analisis Implementasi Sistem Informasi Desa Terintegrasi Di Kabupaten Pangandaran,” Moderat J. Ilm. Ilmu Pemerintah., vol. 6, no. November, pp. 849–856, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/4550

S. V Wiratna, “Metodologi Penelitian Bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif,” PUSTAKABARUPRESS, Yogyakarta, 2018.

A. R. A. Nalendra et al., “Statistika seri dasar dengan SPPS,” 2021.

M. M. Sanaky, “Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah,” J. Simetrik, vol. 11, no. 1, pp. 432–439, 2021.

N. Nurfadila et al., “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Ikan Lure Dan Ikan Cakalang Menjadi Produk Bernilai Tinggi Di Kampung Bajo, Kelurahan Anaiwoi, Kabupaten Kolaka,” J. Din. Pengabdi., vol. 8, no. 1, pp. 43–50, 2022.

D. Mulanda and A. Frinaldi, “PENINGKATAN KASUS PERCERAIAN APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SOLOK,” Tanah Pilih, vol. 3, no. 1, pp. 19–26, 2023.

Irwan and K. Adam, “METODE PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) DAN TERAPANNYA (Studi Kasus: Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan PDAM Unit Camming Kab. Bone),” J. Teknosains UIn, pp. 53–68, 2015.

Published

2024-10-15